Hargailah Saya,Tinggalkanlah Komentar walau hanya terimakasih

14 Februari 2013


Persamaan Kamen Rider Era Showa dan Zaman Heisei

KAMEN RIDER ICHIGOU (Showa Era) & KAMEN RIDER KUUGA (Heisei Era)


Perbandingan :
Bersama, mereka adalah awal dari Kamen Rider pada era masing-masing. Ichigo adalah awal dari Kamen Rider era Showa sedangkan Kuuga adalah awal dari Kamen Rider era Heisei.




KAMEN RIDER NIGOU (Showa Era) & KAMEN RIDER AGITO (Heisei Era)


Perbandingan :
Kalau dilihat sekilas Ichigou dan Nigou yang modelnya seperti kembar, begitu juga dengan Kuuga dan Agito yang modelnya juga kembar. Seperti halnya Nigou yang masih satu alur cerita dengan Ichigou, Kamen Rider Agito juga masih berkaitan dengan Kuuga walaupun tidak dalam satu cerita. Seperti diketahui, sebenarnya Agito mengambil setting yang sama dengan Kuuga, sekitar 3 tahun setelahnya, dan sempat akan ditampilkan Kuuga di serial ini, tetapi tidak jadi. Sebagai bukti, proyek G3 mengambil motif dari Undefined Lifeform number 4 yang dalam series Kamen Rider Kuuga adalah Kuuga itu sendiri, dengan tujuan untuk mengatasi serangan Monster yang terjadi seperti era Kuuga. Dengan ini Agito bisa dibilang representasi dari Nigo.




KAMEN RIDER V3 (Showa Era) & KAMEN RIDER RYUKI (Heisei Era)



Perbandingan :
Motif dasar dari V3 adalah capung (dragonfly) oleh karena itu pada Heisei Era dibuatlah Kamen Rider yang berunsur kata “dragonfly”. Jadilah Kamen Rider Ryuki yang bermotif naga (dragon). Keduanya sama-sama memaksimalkan kekuatannya hingga batas kemampuannya dan sama-sama terdapat tema pertarungan antar rider.



RIDERMAN (Showa Era)& KAMEN RIDER FAIZ(Heisei Era)


Perbandingan :
Kemiripan dari Kamen Rider ini adalah sama-sama memilki banyak gadget. Tangan kanan Riderman dapat berubah menjadi senjata sesuai dengan slot yang dimasukan di sikunya. Bentuk perubahan tangan kanannya bisa bermacam-macam seperti operation arm, rope arm dan sebagainya. Sedangkan Faiz menggunakan chip untuk merubah gadgetnya menjadi senjata seperti stang motor Auto Vajin menjadi pedang laser jika disisipi chip, handphone menjadi pistol, dan sebagainya.
Helm Riderman tidak fullface berbeda seperti Kamen Rider lain yang fullface menyebabkan masih kelihatan bagian mulut manusianya, hal ini mungkin dimodifkasi pada Faiz yang mengganti mulut helm-nya denyan motif taring hiu (Jaw).




KAMEN RIDER X (Showa Era)& KAMEN RIDER BLADE (Heisei Era)


Perbandingan :
Pelafalan huruf “X” orang Jepang hampir mirip dengan bahasa Inggris “Ace”. Jadi, pada Kamen Rider Blade mengambil motif kartu truf Ace Spade (Kartu As Sekop) untuk menyamakan kesamaan antara Kamen Rider X dan Kamen Rider Blade.





KAMEN RIDER AMAZON (Showa Era) & KAMEN RIDER HIBIKI (Heisei Era)


Perbandingan :
Selalu kontroversial karena tidak mengambil motif serangga dialami kedua Kamen Rider ini walaupun berbeda masanya. Kamen Rider Amazon mengambil motif kadal raksasa di daerah Amazon dan Kamen Rider Hibiki mengambil motif setan (oni). Cara perubahan kedua Kamen Rider ini tidak meneriakan kata “HENSHIN”, Amazon berubah dengan meneriakan “AA-MAAA-ZOOON~” sedangkan Hibiki berubah dengan garpu tala tanpa berteriak “HENSHIN”. Seting tempat sama-sama di hutan dan cara bertarung mereka tidak layaknya Kamen Rider, terkesan lebih liar dan seram.
Finishing akhir kedua rider ini tidak menggunakan tendangan atau pukulan, Amazon menggunakan kuku (cakar) dan taring mulutnya untuk menghabisi lawan sedangkan
Hibiki menggunakan musik untuk menghabisi lawannya.





KAMEN RIDER STRONGER (Showa Era) & KAMEN RIDER KABUTO (Heisei Era)


Perbandingan :
Motif kedua Kamen Rider ini tidak jauh berbeda, bertanduk besar dan bermata masif besar. Perubahan ultimate dari kedua Kamen Rider ini juga didominasi oleh warna perak. Asal nama Kabuto berasal dari nama motor Stronger sendiri yaitu Kabutoroh. Bahkan terang-terangan kalau Kabuto adalah serial untuk memperingati serial Stronger sekaligus 30 tahun Toei. Desain yang sama-sama Kumbang badak dan sikap yang sama-sama mengganggap sebagai yang terkuat menjadi kemiripan yang mencolok dari kedua rider ini.




SKYRIDER (Showa Era) & KAMEN RIDER DEN-O (Heisei Era)


Perbandingan :
Skyrider adalah seri tokusatsu dari frachise Kamen Rider yang sebelumnya hampir vakum selama empat tahun. Pertama kali muncul dengan title “ATARASHI KAMEN RAIDA : SKYRAIDA” (Kamen Rider Terbaru : Skyrider). Hal ini juga muncul di Kamen Rider Den-O, “ATARASHI DEN-O” yang menghadirkan Kamen Rider Den-O Strike Form.
Tipe dari kedua Kamen Rider ini juga mirip, kalau Skyrider adalah penjelajah angkasa karena bisa terbang, maka Den-O adalah penjelajah waktu dengan kereta Denliner-nya.




KAMEN RIDER SUPER ONE (Showa Era) & KAMEN RIDER KIVA (Heisei Era)



Perbandingan :
Motif dari kedua Kamen Rider ini adalah cerita-cerita outworld. Super One mengambil motif alien sedangkan Kiva secara overall mengambil motif vampire. Bersama-sama mereka identik dengan kegelapan yaitu kegelapan luar angkasa untuk Super One dan kegelapan malam untuk Kiva.




KAMEN RIDER ZX /JET CROSS (Showa Era) & KAMEN RIDER DECADE (Heisei Era)


Perbandingan :
Tidak perlu ditanyakan lagi, kedua Kamen Rider ini adalah Kamen Rider Ke-10 pada masing-masing era. Tidak heran jika kedua Kamen Rider ini memiliki unsur angka 10. Kata “Cross” pada Kamen Rider ZX dapat ditulis huruf “X” dan berarti sepuluh pada angka romawi sedangkan kata “Decade” dari Kamen Rider Decade berarti “10 tahun” yang menandakan 10 tahun Kamen Rider Heisei Era. Motif warna dasarnya pun tidak berubah jauh. ZX dengan motif merah, garis hitam dan putih, serta mata hijau, Decade dengan motif magenta, garis hitam putih, serta mata hijau.
Keduanya sama-sama diciptakan untuk menghancurkan rider yang lain. ZX hadir hanya dalam bentuk movie bukan dalam bentuk seri seperti rider yang lain, Decade hadir dalam bentuk seri tapi dengan episode lebih pendek (31 episode). Perhatikan sabuk dari ZX adalah tanda silang/Cross, itulah yang menjadi dasar dari model Cross pada badan Decade!





KAMEN RIDER BLACK (Showa Era) vs KAMEN RIDER W/DOUBLE (Heisei Era)


Perbandingan :
Oleh karena ditutup oleh ZX dan Decade seharusnya siklus ini berakhir. Tapi kemunculan W atau disebut Double membingungkan untuk menentukan kepada siapa inspirasi W ini.
Ada empat teori mengenai hal ini:

Teori 1.
W adalah Ichigo dan Nigo, era dari W adalah era kembalinya desain Showa. Dimana wujud serangga, mata besar dan memakai selendang. Perhatikan W, persis era Showa bukan. Boleh dikatakan W adalah awal era baru, dan berarti ia adalah Ichigo (sama dengan Kuuga-awal heisei). Warna Hijaunya sama dengan Ichigo, sehingga bila ada doubel ( kamen rider W diperankan 2 orang, Shoutaro dan Philip), berarti keduanya adalah Ichigo dan Nigo.

Teori 2.
W adalah Black dan RX. Teori ini cukup mendasar dengan melanjutkan siklus setelah Decade. Mengapa bukan Black atau RX saja? Karena sosok W yang Double ini membingungkan untuk menentukannya sehingga diambil keduanya. Warna dari Black adalah Hitam dan RX adalah cenderung hijau, sehingga sama dengan warna dasar W. Black dan Rx mempunyai banyak kendaraan, termasuk mobil, sama dengan W.

Teori 3
W adalah J, bentuk body-nya mirip, apalagi helmnya, sama-sama tidak ada mulutnya dan namanya sama-sama cuma satu huruf. Persamaan lain, kedua rider ini agak ‘melenceng’ dari Kamen Rider yang sebelumnya. J bisa jadi raksasa seperti Ultraman, dan W punya dua orang yang berubah jadi satu rider

Teori 4.
W bersifat independen dan sudah terlepas dari Siklus kamen rider di atas.




Tambahan:

Dan pada tahun 2011 muncul Kamen Rider OOO atau Ohz dan Fourze, apakah ia termasuk dalam siklus rider? Saya belum bisa menganalisis dengan pasti. Namun, ada yang berpendapat dia adalah Shin, J, Zo atau RX. Jadi, ada baiknya tulisan ini dibatasi sampai Kamen Rider W saja, sampai ada informasi yang lebih lengkap dan untuk Fourze, saya belum selesai nonton ceritanya sehingga belum dapat mengevaluasi. Tunggu sampai saya selesai nontonnya ya. . .hehehe
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagaimana kesan anda??